Jumat, 06 Juni 2014

Karakteristik dalam pemrograman java

,
Assalamu'alaikum sobat semua, kali ini saya ingin berbagi tentang karakteristik dan fase dalam pemrograman java, setelah kemaren saya menulis tentang apa itu pemrograman java?
Java memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Sederhana
Sintaksnya mirip C++, namun beberapa sintaks telah di perbaharui termasuk menghilangkan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.

2. Object Oriented
Program java menggunakan pemrograman berorientasi objek dengan demikian program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali.

3. Dapat Didistribusikan dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

4. Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan Interpreter yaitu JVM yang menyebabkan kompilasi source code Java dapat dijalankan pada platform (platform adalah sebuah sistem komputer yang mendasari program aplikasi dapat berjalan di sebuah komputer) yang berbeda.

5. Robust
Reliabilitas Java tinggi, java compiler lebih teliti dalam mendeteksi error dari pada bahasa pemrograman lain, dan Java memiliki runtime Exception handling untuk membantu mengatasi error pemrograman.

6. Aman
Aplikasi java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7. Architecture Neutral
Program Java merupakan patform independent. Program cukup mempunyai satu versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan JVM ( Java Virtual Machine ).

8. Portabel
Program java hanya dikompilasi satu kali dan tanpa dikompulasi ulang program java dapat digunakan ke platform yang berbeda-beda.

9. Perfomance
Performance pada java sering dikatakan kurang tinggi namun dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain seperti buatan Inprise, Microsoft, maupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).

10. Multithreaded
Java memiliki kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

11. Dinamis
Perubahan dalam suatu Class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program class tersebut.


Fase-fase pemrograman java : selain karakteristik java seperti yang telah dibahas diatas, fase-fase pemrograman java juga berperan penting dalam pembuatan aplikasi java.
Dalam pemrograman java ada beberapa tahap atau fase-fase ketika pembuatan program :

a. Menulis kode program menggunakan text editor dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas '.java'.
b. Kompilasi program ( Java Compiler ). Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas '.class'.
c. Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori.
d. Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java.
e. Menjalankan program ( Java Interpreter ). Menghasilkan program output.

sumber :
  1. Dosen Pemrograman Java STMIK Widya Pratama Pekalongan
  2. www.google.com
  3. e-book from google.com
share this article :

0 komentar to “Karakteristik dalam pemrograman java”

Posting Komentar

 

.

.

IP